Home | Product | Service | News Event | Article | Consultation | FAQ


MX CO2 Kualitas Oksigen Udara di Ruangan Dapat Mempengaruhi Konsentrasi Pekerja
Jum'at, 18 Juni 2021

Oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia agar proses respirasi sel terus berlangsung. Oksigen (O2) adalah salah satu komponen gas yang menjadi unsur vital dalam metabolisme tubuh sehingga berperan penting dalam semua proses tubuh secara fungsional (Imelda, 2019). Menurut Nikmawati (2006), oksigen diperlukan sel untuk mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti aktivitas fisik, penyerapan makanan, membangun kekebalan tubuh, pemulihan kondisi tubuh, juga penghancuran beberapa racun dari sisa metabolisme. Kekurangan O2 yang ditandai dengan keadaan hipoksia dapat menyebabkan metabolisme berlangsung tidak sempurna dan dapat menyebabkan kematian jaringan bahkan dapat mengancam kehidupan (Harahap, 2005). Direktorat pengawaasan Norma Keselamatan Kerja (2016) menyatakan bahwa udara rendah oksigen bila konsentrasi oksigen udara di bawah 19,5% dan udara kaya oksigen bila konsentrasi oksigen di udara melebihi 23,5% artinya kadar oksigen di udara berkisar antara 20-23%. Kadar oksigen di udara suatu lingkungan berbeda dengan lingkungan lain sehingga efektivitas pelaksanaan kegiatan yang sama dengan tempat berbeda yang akan berbeda.


Untuk mengukur kualitas oksigen udara dapat menggunakan HOBO Data Logger CO2. Data logger CO2 bertenaga baterai dengan mudah mengukur konsentrasi dalam ruangan. Perangkat genggam yang ringkas ini — kira-kira ukuran dan bentuk yang sama seperti termostat rumah yang dipasang di dinding — dapat berada di mana saja di seluruh bangunan di mana data CO2 diperlukan. Pengukuran biasanya berkisar dari 0–5,000 ppm. Opsi terbaru saat ini memungkinkan pengguna mengakses data dari perangkat seluler dan mengunduh data secara cepat ke laptop, atau dari cloud.


Ini menjelaskan risiko peningkatan CO2 dengan perspektif global, dan bagaimana data logger dapat menjadi indikator efektif biaya IAQ terdegradasi dan sick-building syndrome (SBS). Pengukuran praktis dan ujung logger-seleksi membantu manajer fasilitas dan insinyur bangunan membuat penyebaran informasi, termasuk kalibrasi sensor yang tepat dan penempatan dalam layanan.
Alatuji merupakan distributor tunggal HOBO di Indonesia yang menjual berbagai macam alat pengujian seperti HOBO.